Pelayanan Pengambilan Ijazah, Transkrip Nilai, SKPI, dan KTA di tengah pandemi

Direktorat Layanan Akademik (DLA) Universitas Islam Indonesia, 9 September 2020. Untuk ke tiga kalinya DLA pada 31 Agustus-7 September 2020 kembali memberikan layanan Pengambilan Ijazah, Transkrip Nilai, Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), dan Kartu Tanda Alumni (KTA) bagi lulusan periode VI TA. 2019/2020. Layanan pengambilan ijazah, transkrip nilai, SKPI, dan KTA  dilayani secara langsung di Pusat Pelayanan Terpadu Mahasiswa.

Pada pengambilan ijazah, transkrip nilai, SKPI, dan KTA lulusan periode VI dan sebelumnya (lulusan periode IV dan V), dalam proses pelayanannya tetap menggunakan protokol kesehatan yang cukup ketat, diantaranya adalah wajib mengukur suhu badan, menggunakan masker, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer sebelum masuk/keluar ruangan, dan menjaga jarak fisik.

Untuk mengurangi jumlah kerumunan, DLA menerapkan sistem antrian on-line. Lulusan yang akan mengambil Ijazah, transkrip nilai, SKPI, dan KTA wajib mengambil nomor antrian secara on-line melalui http://antrian.academic.uii.ac.id.

Antrian perhari dibatasi maksimal 125 antrian, sehingga total antrian lulusan yang mengambil Ijazah, transkrip nilai, SKPI dan KTA selama tanggal 31 Agustus-7 September 2020 terdata sebanyak 1050 nomor antrian yang akan dipergunakan oleh lulusan periode VI untuk mengambil ijazah, transkrip nilai, SKPI, dan KTA.

Seperti pada periode sebelumnya, bagi lulusan yang belum terlayani dalam proses pengambilan ijazah, transkrip, SKPI, dan KTA akan dilayani diluar jadwal pengambilan yang sudah ditentukan dengan syarat tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditentukan dan hadir pada jam pelayanan masa mitigasi Covid-19 yaitu pukul 09.00-14.00 WIB.

Ada konsep baru pada layanan pengambilan ijazah, transkrip nilai SKPI, dan KTA kali ini ini yaitu lulusan diperkenankan mengajukan permohonan scan/pindai ijazah, transkrip nilai, dan SKPI. Permohonan dapat diajukan melalu e-mail [email protected] dengan menggunakan account UII dan hasil dari pindai akan dikirimkan juga melalui e-mail sesuai account UII.

Meskipun pelayanan pengambilan ijazah, transkrip nilai, dan SKPI lulusan periode IV, V, dan VI dilakukan dengan kondisi pandemi dan harus melalui protokol yang cukup ketat, harapannya semua elemen yang membutuhkan pelayanan di Pusat Pelayanan Terpadu Mahasiswa dapat terlayani dengan baik. (denPoer)