Penilaian Kepuasan Terhadap Layanan Direktorat Layanan Akademik (DLA)

Kamis, 27 Agustus 2020, Direktorat Layanan Akademik (DLA).  Untuk kesekian kalinya DLA kembali menyelenggarakan Survei Kepuasan Terhadap Layanan. Survei Kepuasan Terhadap Layanan selama ini digunakan oleh DLA sebagai proses evaluasi diri, evaluasi seluruh staf, dan evaluasi manajemen untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas layanan DLA, serta digunakan juga sebagai salah satu komponen dalam penilaian Audit Mutu Internal Kinerja Unit dalam Sistem Penjaminan Mutu.

Sebaran Quesioner Evaluasi Kepuasan terhadap Layanan ini diberikan kepada Alumni, Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Stake Holder yang memerlukan layanan DLA dengan  cara diberikan secara langsung kepada para Alumni, Mahasiswa, Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Stake Holder ketika hadir di Pusat Layanan Terpadu DLA serta menggunakan tautan http://bit.ly/Survei-DLA yang telah dirilis di web DLA yaitu academic.uii.ac.id sejak 5 Agustus 2020.

Seperti pada suvei sebelumnya Aspek yang dinilai pada Kepuasan Terhadap Layanan DLA adalah sebagai berikut: Reliability (Kehandalan Pelayanan),  Assurance (Jaminan atas Hasil Layanan), Tangible (Fasilitas Pendukung), Empathy (Nilai Kesilaman dalam Pelayanan), dan Responsivenes (Respon atas Keluhan).

Dari hasil Survei didapatkan hasil kepuasan terhadap lima aspek layanan diatas adalah sebagai berikut:

  1. Prosentase Responden yang menilai Puas dan Sangat Puas pada aspek Reliability (Kehandalan Pelayanan) sebanyak 88,01%
  2. Prosentase Responden yang menilai Puas dan Sangat Puas pada aspek Assurance (Jaminan atas Hasil Layanan) sebanyak 87,96%
  3. Prosentase Responden yang menilai Puas dan Sangat Puas pada aspek Tangible (Fasilitas Pendukung) sebanyak 93,41%
  4. Prosentase Responden yang menilai Puas dan Sangat Puas pada aspek Empathy (Nilai Kesilaman dalam Pelayanan) sebanyak 87,25%
  5. Prosentase Responden yang menilai Puas dan Sangat Puas pada aspek Responsivenes (Respon atas Keluhan) sebnyak 91,78%

Secara detail hasil Survei Kepuasan Terhadap Layanan disajikan dalam  Tabel Rekapitulasi Pengukuran Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan dan Fasilitas DLA (termasuk pada masa pandemi Covid-19) berikut ini.

(denPoer)