Tugas Akhir atau Skripsi

Skripsi/Tugas Akhir merupakan karya ilmiah yang dikerjakan olehmahasiswa menjelang akhir studinya. Karya ilmiah mahasiswa dapat berupa hasil kegiatan penelitian, studi literatur, studi kasus atau perencanaan dengan melakukan analisis keilmuan sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Khusus di Fakultas Ekonomi UII, mahasiswa dapat menempuh jalur non-Skripsi sebagai pengganti Skripsi/ Tugas Akhir (keterangan lebih rinci dapat dilihat pada Buku Panduan Akademik Fakultas Ekonomi UII).

Persyaratan Akademik

  • Telah menempuh minimum sejumlah SKS dengan IPK tertentu sesuai ketentuan Jurusan/Prodi masing-masing (lihat Buku Panduan Fakultas).
  • Mencantumkan Skripsi/Tugas Akhir atau mata kuliah pengganti Skripsi dalam RAS pada awal semester dan perpanjangannya.
  • Bagi Jurusan/Prodi yang mempunyai Konsentrasi, topik Skripsi/Tugas Akhir harus sesuai dengan Konsentrasi yang dipilih.
  • Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh Fakultas/Jurusan/Prodi.

Prosedur dan Ketentuan

Prosedur dan Ketentuan lebih rinci tentang Skripsi/Tugas Akhir atau mata kuliah pengganti Skripsi dapat dilihat di buku Panduan Akademik masing masing Prodi.

Ujian Pendadaran atau Ujian Skripsi

Ujian Pendadaran/Ujian Skripsi adalah ujian akhir mahasiswa untuk menyelesaikan Jenjang S-1 dengan Tim Penguji dan jadwal Ujian Pendadaran/ Ujian Skripsi yang ditentukan oleh Jurusan/Prodi.
Untuk dapat mengikuti Ujian Pendadaran, mahasiswa harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Telah dinyatakan Habis Teori.
  • Telah KKN dengan nilai minimal C dan Kerja Praktik.
  • Menyerahkan bukti telah menyelesaikan Skripsi/ Tugas Akhir atau mata kuliah pengganti skripsi.
  • Menyerahkan sertifikat kecakapan berbahasa Inggris dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Mahasiswa angkatan 2002/2003 sampai dengan angkatan 2008/2009 disyaratkan untuk memiliki sertifikat TOEFL (Test of English as Foreign Language) dari lembaga penguji yang telah ditetapkan dengan skor minimal 400
  • Mahasiswa angkatan2009/2010 dan  sesudahnya disyaratkan untuk memiliki skor CEPT (Certificate of English Proficiency Test) dari CILACS-UII (Center for International Languages and Culture Studies) minimal 422, skor TOEFL minimal 425, skor [email protected] minimal 38 atau skor IELTS minimal 4.

Pengarsipan Skripsi/Tugas Akhir Digital

Universitas Islam Indonesia telah mengembangkan sistem pengarsipan karya ilmiah secara digital dalam portal UII-RAC (Repository and Archive Center) yang dapat diakses di rac.uii.ac.id.
Sebagai syarat wisuda mahasiswa harus menyerahkan soft copy karya tugas akhir/skripsi ke Perpustakaan Fakultas atau Perpustakaan Pusat untuk meng-upload karyanya ke portal RAC ini. Ketentuan lebih lanjut dapat menghubungi Perpustakaan Fakultas atau Perpustakaan Pusat.