Implementasi Sylabus Plus

Implementasi Sylabus Plus

Direktorat Akademik Universitas Islam Indonesia, Kamis tanggal 28 Desember 2017 berlokasi di Laboratorium Komputer Lantai 1 Gedung GBPH Prabuningrat, menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Implementasi Sylabus Plus. Dalam sambutannya Wakil Rektor I,  Dr.-Ing. Ilya Fadjar Maharika, IAI menyampaikan mengapa masyarakat barat sangat maju daan tertata, karena salah satunya adalah karena mereka membuat jadwal.  Misalnya dari jadwal bus dan lain-lain. Itulah pentingnya jadwal dan pengaturan jam. Teknologi jam, yang ditemukan oleh ilmuwan muslim, tetapi justru mereka yang menggunakan. Begitu pentingnya tentang efektivitas waktu.

Sylabus Plus merupakan salah satu langkah kemajuan besar sistem yang di lingkungan Universitas Islam Indonesia. Sebagai contoh, matakuliah MKU direncanakan akan dijadikan sebagai kelas yang terbuka untuk mahasiswa dari berbagai program studi. Sehingga akan terjadi pertukaran dan interaksi ilmu dari berbagai sudut pandang. Goalnya akan membuka cakrawala kompleksitas pokok masalah yang dihadapi.

Di dalam peraturan universitas tentang akademik yang baru, matakuliah dalam kurikulum Ulil Albab harus diidentifikasi sebagai matakuliah yang terbuka, tertutup atau terbuka terbatas. Sehingga dengan demikian dapat diketahui bahwa matakuliah ini dapat menjadi pilihan keyin mahasiswa prodi lain. Diharapkan nantinya lulusan Universitas Islam Indonesia adalah produk lulusan yang bukan hanya sebagai “produk seragam” tetapi memenuhi lulusan dengan standar kualitas yang tinggi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Mr. Phee dari Scientia – Inovest Corporation, yang merupakan mitra yang ditunjuk secara sistem untuk mengintegrasikan dalam Sistem Informasi Akademik (SIMAK) Universitas Islam Indonesia yang baru.

 

Mr. Phee dari Scientia.