Workshop FEEDER PDDikti 2017

Yogyakarta, Desember 2017. Selama 2 hari Direktorat Akademik Universitas Islam Indonesia menyelenggarakan Workshop FEEDER PDDikti 2017. Nara sumber yang dihadirkan adalah Franova Herdiyanto, Kasubbid Informasi dan Publikasi PUSDATIN Ristek Dikti langsung dari Jakarta. Pesertanya adalah operator PDDikti di tingkat universitas sampai fakultas.

Dr.-Ing Ilya Fadjar Maharika, IAI saat memberikan motivasi.

Pada sesi pertama Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia, Dr.-Ing Ilya Fadjar Maharika, IAI memberikan motivasi dan arahan. Beliau memberikan sebuah contoh, perumpamaan sebuah permainan pesawat kertas. Sesungguhnya permainan ini memiliki teori, banyak faktor yang menyebabkan suatu pesawat itu mencapai jarak yang jauh atau yang dekat. Jika diimplementasikan dalam pekerjaan misalnya aspek perencanaan, sumberdaya, tujuan dan juga lingkungan dalam pekerjaan.

Workshop dilaksanakan selama 2 hari di mulai Jum’at hingga Sabtu tanggal 15-16 Desember 2017, bertempat di Hotel Puri Asri Magelang. Pada hari pertama, narasumber menjelaskan tentang pengertian Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, yang selanjutnya disebut PDDikti adalah sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional.

Sementara itu, aplikasi yang digunakan oleh perguruan tinggi disebut PDDikti Feeder. PDDikti Feeder adalah perangkat lunak yang ditempatkan di Perguruan Tinggi dan memiliki struktur basis data replika dari basis data PDDikti yang digunakan sebagai sarana pelaporan resmi penyelenggaraan pendidikan tinggi seluruh Perguruan Tinggi. Pelaporan yang dimaksud diatas paling sedikit terdiri atas rencana studi; dan hasil studi. Hal tersebut telah diatur dalam Peraturan Menteri 61 tahun 2016.

Direktur Akademik, Arief Rahman, S.E., M.Com, Ph.D. saat diskusi dengan peserta.

Pada sesi berikutnya yaitu diskusi dan tanya jawab, Franova memberikan sosialisasi beberapa perubahan pada teknis pelaporan pada perangkat lunak PDDikti Feeder kepada operator universitas dan fakultas. Materi workshop PDDikti Feeder – Universitas Islam Indonesia dari PUSDATIN dapat diunduh disini dan disini.